7 Tips Mencari Ide Segar Untuk Menulis di Blog

Menulis. Banyak yang bilang menulis itu mudah. Iya, yang susah adalah mencari ide dan niatnya. Bagian tersulit dari menulis adalah mencari ide. Kadang, kita sudah punya niatan untuk menulis, entah itu di blog, di kolom-kolom artikel, atau bahkan sekedar di buku diary, tapi kita bingung harus menulis apa.

“Ngga ada ide!”, itu kalimat yang sering dilontarkan oleh teman-teman.

Sebenarnya, kalau memang sudah ada niatan untuk menulis, ide itu bisa datang dari mana aja lho. Ide yang paling mudah bisa didapetin dari membaca, baik itu dari buku, maupun majalah.

Tapi sekali lagi, ide itu bisa dari mana aja, dan kapan aja. Lagi ngobrol ama temen, kalau kita jeli, bisa aja ada sesuatu yang bisa dijadiin bahan untuk menulis. Lagi jalan-jalan, kalau ada yang menarik, tulis aja. Sesingkat apapun, sejelek apapun, nanti seiring dengan waktu, kemampuan menulis kita pasti meningkat.

Ini ada beberapa tips sederhana biar bisa dapetin ide untuk menulis di blog:

  1. Baca Buku atau Majalah

    Buku adalah jendela dunia. Majalah juga 😉 Dari membaca buku atau majalah, kita bisa mudah dapetin ide untuk menulis. Ada artikel menarik, coba kamu tulis ulang dari sudut pandangmu. Ini cara yang paling mudah untuk mulai menulis.
    Khusus buat yang baru mulai bikin blog dan bingung harus mengisinya dengan apa, yang penting, banyakin baca aja dulu. Semakin kita sering membaca, semakin mudah kita menulis.
    Wong ga biasa baca, gimana bisa nulis?!”, itu komentar salah satu teman dulu.

  2. Dari Kehidupan Kita Sendiri

    Jangan lupa, kita juga bisa menulis tentang diri kita sendiri. Ini juga cara yang paling mudah untuk mencari ide bikin tulisan di blog. Pasti ada kisah yang berkesan, unik, lucu, atau bahkan konyol yang bisa kita ceritakan dalam bentuk tulisan. Tulis dan ceritain aja di blogmu.

  3. Jalan-jalan, atau Liburan

    Liburan atau jalan-jalan bisa memberikan banyak inspirasi untuk dijadikan bahan menulis. Ceritakan saja pengalaman-pengalaman liburan kita. Tidak sempat liburan? Jalan-jalan santai di dekat rumah juga bisa dijadikan bahan untuk menulis kok. Mulai dari yang sederhana. Banyak hal di sekitar rumah kita yang bisa dijadikan bahan tulisan. Jangan pilih-pilih dulu.

  4. Hang-out, atau Meet-up

    Lagi suntuk? ikutan hang-out, meet-up, atau nongkrong ama temen-temen aja. Situasi di tempat hang-out, bahkan bahan obrolan selama meet-up, bisa dijadiin inspirasi bahan menulis lho.

  5. Datang ke Event

    Lagi ada event yang ada di lingkungan sekitarmu? Datang aja. Tulis cerita tentang event-nya.

  6. Baca Koran atau Social Media

    Baca koran atau social media untuk mencari info terkini juga bisa menjadi sumber inspirasi menulis. Kamu bisa menulis tentang pendapat pribadimu dari info atau peristiwa-peristiwa terkini yang sedang terjadi di blog pribadimu.

  7. Hibernasi

    Masih belum dapat ide juga? Cara terakhir ini juga sangat baik untuk mencari ide. Hibernasi. Biarkan ide-idemu muncul dengan duduk santai, bahkan sambil memejamkan mata. Terkadang, ide-ide liar muncul ketika kita bahkan tidak sedang melakukan apapun.

Give a Comment