Pohon Kurma, Bisakah Ditanam di Indonesia?

POHON KURMA“Apakah pohon kurma bisa tumbuh di Indonesia?” Barangkali pertanyaan tersebut pernah terbesit dalam pikiran kita semua. Sebab, tanaman kurma ini merupakan tanaman yang sampai saat ini hanya lazim tumbuh di tanah Arab yang sebagian besar adalah gurun pasir.

Nah, Indonesia yang disebut-sebut sebagai tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman, apakah bisa menumbuhkan pohon buah kurma? Temukan di sini jawabannya.

Pohon Kurma Masak Sempurna pada Suhu 40 – 50 Derajat Celcius

pohon kurma ajwa

Tanaman kurma mempunyai nama latin Phoenix Dactylifera, adalah tanaman yang tergolong pada tanaman palm / palma yang buahnya bisa dikonsumsi.

Pohon buah kurma yang normal, biasanya tumbuh menjulang dengan ketinggian rata-rata 15 – 25 meter di atas tanah. Batangnya lurus tanpa cabang, baru di atasnya tumbuh tangkai-tangkai dan daun-daun mirip pohon kelapa dengan panjang sekira 3 – 5 meter.

Di Timur Tengah, buah kurma dipanen sekitar bulan Agustus. Hal tersebut dikarenakan suhu atau lingkungan pada bulan tersebut cocok dan buah kurma telah berada pada keadaan masak sempurna.

Berapa suhu lingkungan yang ideal untuk Pohon dan buah kurma tumbuh dan masak? Biasanya kurma tumbuh dan masak dengan sempurna pada suhu sekitar 40 – 50 derajat celcius. Panas sekali untuk ukuran orang Indonesia, yang paling maksimal merasakan panas hanya sampai (rata-rata) 33 derajat celcius saja.

Maka ini menjadi alasan utama kenapa pohon buah kurma akan sulit bertumbuh bila ditanam di Indonesia: Suhu.

Pohon Kurma Membutuhkan Sinar Matahari yang Cukup

pohon kurma indonesia

Alasan kedua, kenapa pohon kurma akan sulit bila ditanam di Indonesia adalah karena curah hujannya termasuk tinggi. Berbeda dengan negeri Timur Tengah sana yang sangat jarang sekali terjadi hujan, atau dengan kata lain curah hujannya rendah.

Maka dua alasan ini memperkuat alasan kenapa pohon buah kurma sulit untuk bertumbuh di Indonesia.

Sulit Bukan Berarti Tidak Bisa!

pohon kurma indonesia

Apa yang menurut Allah terjadi, pasti akan terjadi. Meskipun faktor-faktor di atas menghasilkan sebuah persentase yang kecil untuk pohon buah kurma bisa tumbuh di Indonesia, ternyata ada pohon yang berhasil tumbuh!

Hal ini tentu mengejutkan. Inilah berkah tanah Indonesia yang harus kita jaga. Pohon buah kurma pertama yang berhasil tumbuh dan berbuah lebat di Indonesia terletak di Pondok Pesantren Darussalam tahun 2011. Diketahui pohon tersebut berumur 7 tahun.

Memang tidak selebat dan sesempurna pohon yang tumbuh di Timur Tengah, tetapi ini membuka jalan penelitian yang lebih lanjut untuk menjawab pertanyaan kebanyakan orang di Indonesia seperti apa yang kami katakana di paragraf pertama tadi, “Apa pohon kurma dapat tumbuh di Indonesia?”

Video di atas juga meliput tentang pohon buah kurma yang secara ‘ajaib’ tumbuh di daerah Bekasi. Silakan ditonton sampai tuntas untuk menjawab penasaran anda. Catatan sebelum menonton video di atas, suara di awal-awal video memang tidak keluar, jadi skip saja ke menit-menit yang suaranya muncul. Terima kasih.

Beberapa Pohon Kurma yang Berhasil Ditanam di Indonesia

pohon kurma ustad haryono

Penelitian yang dilakukan ternyata membuahkan hasil yang cukup aplikatif untuk dipraktekkan. Jadi, bila anda ingin menanam kurma di rumah, boleh baca tutorial ini: cara menanam kurma di Indonesia.

Beberapa jenis kurma yang telah berhasil tumbuh di Indonesia di antaranya:

  • Kurma Ajwa (kurma Nabi)
  • Kurma Lulu
  • Kurma Amir

Mudah-mudahan dengan kabar baik ini, Indonesia juga bisa menjadi produsen kurma. Setidaknya untuk konsumen dalam negeri. Karena kurma merupakan buah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan selain juga menjadi buah yang sering dimakan Nabi Muhammad saw. yang itu berarti sunnah yang baik untuk dikonsumsi orang Islam.

Fungsi Lain Pohon Kurma

pohon kurma nabi

Setelah mendapatkan jawaban singkat bahwa kurma bisa ditanam di Indonesia meski tidak sevariatif di Timur Tengah, perlu rasanya bagi kami untuk menginformasikan fungsi atau kegunaan lain dari pohon buah kurma ini.

Biji Kurma bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak dengan cara direndam terlebih dahulu dari bawah ke atas. Di Indonesia masih jarang selain pula ada pakan ternak yang lebih baik.

Minyak dari pohon buah kurma bisa dimanfaatkan untuk sabun dan kosmetik.

Benih-benih kurma bisa dibakar untuk kemudian dijadikan arang, bisa juga dibuat kerajinan seperti kalung.

Tandan buah bila dipreteli bisa dijadikan sebagai sapu.

Di Negara Pakistan, viskos, sirup kental yang berasal dari buah kurma yang matang, dipakai sebagai pelapis tas kulit dan pelapis pipa untuk mencegah kebocoran.

Getah pohon buah kurma bisa diolah menjadi sirup.

Daun pohon buah kurma bisa digunakan menjadi atap rumah, sepertihalnya Nabi yang memakainya sebagai atap Masjid Nabawi waktu itu.

Dll.


Pencarian masuk: pohon kurma, pohon kurma berbuah, pohon kurma ajwa, pohon kurma di indonesia, pohon kurma di bekasi, pohon kurma menangis, pohon kurma nabi, pohon kurma ustad haryono, pohon kurma indonesia, jual pohon kurma sudah berbuah

Leave a Comment