Bersatu Lawan Corona

Apa itu Corona?

Virus corona, atau istilah resminya novel coronavirus (nCoV), adalah jenis virus corona baru yang menimbulkan penyakit yang bernama COVID-19. Sebelum dikenal sebagai COVID-19, penyakitnya dikenal sebagai virus corona baru 2019 atau 2019-nCoV.

Virus corona baru adalah jenis virus baru. Mirip dengan keluarga virus yang menyebabkan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan sejumlah influensa biasa.

Karena ini adalah jenis virus baru, setiap saat bisa ada penemuan dan kesimpulan baru tentang virus ini. Wajar bila ada simpang siur dan perbedaan paham tentang Corona. Satu hal yang pasti dari Corona adalah penyebarannya yang bisa sangat masif.

Berbagai negara sudah mengalami ini. Indonesia? Bisa dipastikan juga akan mengalami hal yang sama.

Karena tingkat penyebarannya yang bisa sangat masif, yang harus diwaspadai adalah:

  • Semua orang bisa menjadi korban, maupun carrier (pembawa virus) yang menyebarkan ke orang lain.
  • Tidak semua memiliki kemampuan imunitas yang sama, jadi walau mungkin kita sendiri terkena, orang yang bersinggungan dengan kita belum tentu. Bisa jadi orang tersebut yang akhirnya menjadi korban.

Apa saja Gejalanya?

Bila seseorang terinfeksi virus Corona, ia akan menunjukkan gejala virus Corona tersebut dalam 1-14 hari sejak terpapar virus.

Gejala umum Corona adalah:

  • Demam
  • Rasa Lelah
  • Batuk Kering

Sebagian besar orang hanya akan mengalami gejala corona ringan. Namun, di kasus-kasus yang tertentu, infeksi dari virus Corona dapat menyebabkan pnemonia dan kesulitan bernapas.

Pada orang yang sedang tidak fit atau memang kemampuan imunitasnnya sedang rendah, infeksi virus corona bisa berakibat fatal. Orang lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung atau diabetes kemungkinan mengalami sakit lebih serius.

Karena gejala virus Corona yang ‘hanya’ seperti flu biasa pada awalnya, ini yang membuat kita sendiri susah mendeteksi apakah itu benar-benar hanya flu biasa, atau sebenarnya adalah gejala infeksi dari virus Corona.

Apakah Kita Harus Khawatir dengan Virus Corona?

Jawaban singkatnya: Iya. Karena 2 poin yang sudah tersebutkan di atas. Sekali lagi, yang membuat ini berbahaya adalah resikonya tidak hanya kita sebagai korban yang terinfeksi virus, namun juga sebagai pembawa virus yang menyebarkan ke orang lain.

Apa yang Harus Kita Lakukan dalam Menyikapi Corona?

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menyadari bahwa ini adalah sesuatu yang nyata. Kemampuan virus Corona untuk menyebar dan kemungkinannya untuk memberikan dampak yang fatal adalah nyata.

Hidup yang lebih higienis dan melalukan isolasi keluarga secara mandiri adalah salah satu langkah yang penting. Melakukan Social Distancing, dengan proaktif melakukan isolasi diri secara mandiri kita bisa mencegah penularan virus corona ke orang yang rentan dan punya imunitas rendah. Hanya ini satu-satunya agar ‘wabah Corona’ ini bisa cepat kita tanggulangi.

Mari #bersatulawancorona.

Give a Comment