kata-kata bijak islami tentang kehidupan dan menghadapi masalah

Kata-kata Bijak Islami tentang Kehidupan dan Mutiara Doa Pilihan

Kata-kata Bijak Islami tentang Kehidupan – Assalaamu’alaykum. Alhamdulillah segala puji bagi Dia yang meninggikan langit tanpa tiang, menghamparkan bumi untuk manusia bertualang. Di postingan ini, perkenankan saya untuk membagikan beberapa kata-kata bijak Islami tentang kehidupan.

Berhubung memang, berdasarkan riset, banyak sekali orang yang membutuhkan kata-kata bijak islami, entah itu untuk mencari motivasi ataupun sekadar mewarnai beranda-beranda facebook, timeline twitter, instagram, tau untuk status BBM.

Artikel ini hadir untuk menjawab itu semua, memenuhi kebutuhanmu akan kata-kata bijak Islami. Semoga dengan membaca artikel ini, kehidupan kita lebih tercerahkan, lebih termotivasi, dan tentunya lebih mengingatkan kita pada Sang Penguasa alam raya.

Baiklah, tanpa berpanjang-panjang lagi, inilah kata-kata bijak Islami tentang kehidupan. Silakan diresapi.

Kata-kata Bijak Islami Doa (Kata Mutiara Doa)

kata-kata bijak islami

Ya Allah, oleh sebab Engkau jadikan aku sempurna dalam penciptaan, maka senantiasa baikkan tutur kataku, baikkan akhlakku, dan baikkan pula kehidupanku. Aamiin.

Engkaulah Sang Pencipta langit dan bumi. Engkaulah yang merajai keduanya. Jadikan aku hamba yang melayani Engkau sampai keridhaanMu atasku purna. Dan aku, Kau masukkan ke Surga.

Hidup matiku adalah kuasaMu. Ya Allah, jadikan kehidupanku mulia dan kematianku mendapatkan rahmat dan pengampunanMu. Aamiin.

Betapapun aku sadar, ya Allah. Kehebatanku tidak lepas dari daya yang Kau berikan. Prestasi yang ku raih, tidak lepas dari pertolonganMu. Maka, bantulah aku untuk tidak sombong atas itu.

Ya Allah, jangan kau cerabut petunjukMu dari kehidupanku. Sebab sungguh, tanpa arahanMu, aku akan tersesat; terjerembab dalam jurang kenistaan.

Ya Allah, lapangkanlah dadaku, luaskanlah pemikiranku. Jadikan aku orang-orang yang pandai mengendalikan amarah dan hawa nafsu. Jadikan aku pengendali kesedihan yang ahli.

Allah, Engkaulah sumber kekuatan. Engkau pula sumber ketenangan. Ketika kesedihan datang padaku; ketika semua orang menjauhiku … tolong, Ya Allah, jangan berpaling dariku. Rangku aku.

Ya Allah, hiasilah kami dengan hiasan keimanan, jadikanlah kami sebagai pemberi petunjuk yang mendapatkan petunjuk. (HR. Ahmad)

Kata-kata Bijak Islami tentang Kehidupan

kata-kata bijak islami tentang kehidupan

Tiada satupun yang abadi, termasuk orang-orang di sekitar kita. Mereka datang dan pergi. Jangan pernah berharap lebih dari manusia, karena kawan … suatu waktu bisa menjadi lawan. Hanya Allah pembela.

Aku tak punya waktu untuk membenci orang yang membenciku, sebab aku telah sibuk mencintai … orang yang mencintaku.

Berapa banyak masalah yang terlihat mustahil untuk selesai … justru selesai ketika kita bersimpuh sujud kepadaNya. Sujudlah, menghiba pertolongan.

Kualitas hubungan kita dengan Allah, akan memengaruhi kualitas hubungan kita dengan sesame, pun dengan kualitas rezeki dan jodoh kita.

Tiada seseorang menyembunyikan sesuatu di dalam hati, melainkan  Allah tampakkan ia dalam keseleo lidah dan raut wajah. (Sayyidina ‘Ali)

Ketika tangan tertusuk duri, jabat erat serasa menyakiti. Ketika hati tak sehat, nasehat apapun serasa perkataan paling jahat.

Bila hatimu terasa kosong, cara tebaik untuk mengisinya adalah dengan berketaatan kepada Allah. (Dr. Bilal Philips)

Tetap tersenyum meski lelah terasa. Sebab Allah pasti akan mencatat setiap keringat yang menetes, pun mengganti dengan yang lebih baik setiap jengkal perjuangan kita.

Mengenang jasa dan kebaikan orang lain akan membuat hati lembut, menjadikan kita lebih pemaaf, dan lebih ingin berbuat baik. (Aa Gym)

Hiduplah dengan senantiasa merasa cukup. Bukan karena kita telah mempunyai semua hal, tetapi kita telah bersyukur dengan apa yang ada.

Allahlah yang memberi jalan keluar atas masalah-masalah kita. Dia pula yang memberikan jawaban dari persoalan-persoalan kita. Dekati Dia, mesrai Dia dalam sujud-sujud panjangmu.

Menangisnya orang-orang berdosa lebih Allah sukai, ketimbang tasbihnya orang yang sombong. (Ibn Qayyim)

Kita harus berbaik sangka pada orang lain. Sebab, sebaik-baiknya diri kita masihlah lebih baik orang lain; seburuk-buruknya orang lain, masihlah lebih buruk diri kita.

Bila kamu sedang terpuruk dan jatuh, berpikirlah bahwa kamu bukan orang yang kalah. Bangkit, dan buatlah dunia terpesona.

Kita tidak mau Allah menunda rezeki dan jodoh kita, tapi kita selalu menunda-nunda apa yang Allah minta dari kita.

Masalah berat hanya bisa ditangani oleh orang-orang hebat. Sebab setiap masalah, tidak pernah keliru memilih pundak yang tepat.

Jika orang lain sibuk memperhatikan kekurangan-kekuranganmu … yang harus kamu lakukan adalah mencintai diri sendiri dan terus berbuat baik.

Kehidupan belum berakhir selama kita menolak menjadi orang yang kalah dan putus asa.

Masalah apapun yang menghadang kehidupan kita, hadapi dengan seyum. Tersenyumlah, sebab ada kekuatan di balik senyuman yang tulus.

Allah mengampuni dan menghapus sesamudera apapun dosa seorang hamba, bila ia bertaubat kepadaNya dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.

Sesungguhnya ada dua hal pada dirimu yang dicintai Allah; itu adalah lemah lembut dan tidak mudah marah. (HR. Muslim)

Jika hari ini merasa memiliki, maka suatu saat, pasti!, kita akan merasakan kehilangan. Merasalah secukupnya.

Pilihan kita mungkin baik, tetapi pilihan Allah pasti akan tepat.

Jika kau menginginkan sesuatu yang belum pernah kau miliki, maka lakukanlah sesuatu yang belum pernah engkau lakukan untuk memperjuangkannya.

Suksesmu tidaklah diukur dari seberapa banyak harta yang kau punya, namun selalu diukur dari seberapa banyak manfaat yang kau beri pada orang lain.

Kehebatan seseorang tidaklah terletak pada kesuksesan yang dimilikinya, namun pada proses dan usaha yang telah dikerahkan untuk meraih semua itu.

Kata-kata Bijak Islami dalam Menghadapi Masalah

kata mutiara islami

Masalah di tempatkan di sana bukan untuk membuatmu terpuruk, namun Allah ingin kamu lebih dewasa.

Tidak ada masalah yang besar, karena kita punya Allah yang Maha Agung.

Allah membebani seseorang tidak mungkin melebihi kapasitasnya sebagai hamba. Maka, bila masalahmu terasa besar, barangkali dirimu telah berkapasitas untuk menyelesaikan itu. Kamu adalah orang besar.

Mudah bagi Allah menyelesaikan masalahmu secara instan. Namun, Allah ingin melihat seberapa kuat usahamu dan seberapa memohonnya kamu padaNya. Mintalah pertolongan!

Ketika semua orang terasa menjauh, surah, membosankan … letakkan kepalamu di tempat paling rendah, lalu biarkan Allah yang meninggikanmu.

Semakin tinggi kualitas kehidupan, harus semakin hebat pula kualitas kesabarannya.

Berlelah-lelahlah. Sebab manisnya hidup akan terasa setelah lelah berjuang. (Imam Syafi’i)

Bila kau kehilangan semangat juang, ingatlah orang yang selalu menanti keberhasilanmu. Lalu segeralah bangkit, jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama.

Masalah terbesar hidupmu adalah selalu membandingkan diri dengan orang lain, tapi lupa membandingkan dirimu yang sekarang, dengan dirimu yang dulu.

Janganlah sedih untuk sesuatu yang hilang terlewati, karena bila sesuatu itu milikmu … pasti akan kembali.

Barangsiapa yang mempermudah kesulitan orang lain, maka Allah ta’ala akan mempermudah urusannya di dunia dan akhirat. (HR. Muslim)

Menangislah bila memang itu bisa membuatmu semangat setelahnya. Sebab, kadangkala air mata selayaknya pembersih kaca, bisa meningkatkan kejernihan pikir dan rasa.

Bila kau bimbang darimana kau harus memulai untuk memperbaiki diri, mulailah dari shalat.


Itulah beberapa kata-kata bijak Islami yang bisa kalian jadikan motivasi atau sekadar untuk status BBM. Di atas ada beberapa gambar yang bisa dijadikan DP BBM, mungkin akan ditambahkan di lain waktu. In syaa Allah stoknya masih banyak. Semoga terinspirasi dan termotivasi dengan doa-doa mutiara dan kata-kata di atas.

Leave a Comment