Claudia Emmanuela Santoso, Gadis Cirebon, Juara The Voice Jerman 2019

by @bloggerid
6 minutes
Claudia Emmanuela Santoso, Gadis Cirebon, Juara The Voice Jerman 2019

Nama Claudia Emmanuela Santoso sedang banyak jadi bahan pembicaraan di Indonesia. Gadis asal Cirebon berumur 19 tahun ini berhasil menjadi juara di ajang pencarian bakat menyanyi The Voice of Germany tahun 2019. Membanggakan!

Dalam perjalanannya selama ajang The Voice of Germany tahun 2019 kemarin, Claudia selalu mendapatkan applause dan standing ovation dari para coaches dan penonton. Bahkan sejak tahap Blind Auditions.

Saat Blind Audition, Claudia menyanyikan lagu Never Enough dari Jenny Lind yang merupakan soundtrack dari film The Greatest Show Man. Lagu ini terkenal cukup sulit untuk dinyanyikan karena menggabungkan emosi bernada rendah di bagian awal, dan langsung melengking naik di separuh bagian akhir.

Claudia berhasil menyanyikan lagu tersebut dengan sangat apik, terlebih di usianya yang masih muda dan masih terhitung minim pengalaman. Ia berhasil membuat keempat coaches dari The Voice of Germany 2019 memutar kursi dan memperebutkan dirinya. Nyaris semua penonton beranjak dari kursinya untuk memberikan standing applause pada Claudia.

Apiknya penampilan gadis asal Cirebon ini dalam menyanyikan lagu Never Enough membuat semua coaches memintanya untuk mengulang penampilannya sekali lagi. Di penampilan kedua, hal yang sama terjadi. Semua yang ada di ruangan berdiri memberikan standing applause. Banyak yang tampak merinding dan meneteskan air mata mendengar suara Claudia menyanyikan lagu tersebut. Suaranya megah, mengisi seluruh ruangan.

Tonton videonya deh, pasti ikut merinding. Goose Bumps!

Diperebutkan oleh semua coaches di The Voice of Germany 2019, Claudia Emmanuela Santoso memutuskan memilih Alice Merton dan masuk dalam Team Alice. Sebuah pilihan yang tepat karena akhirnya Ia berhasil memenangkan ajang pencarian bakat menyanyi tersebut dan keluar sebagai Juara 1 The Voice of Germany tahun 2019.

Sekilas Tentang Claudia Emmanuela Santoso

Sejak kecil Claudia suka sekali bernyanyi. Ia telah mengikuti kelas musik sejak usianya masih 4 tahun. Selain belajar di kelas vokal, ia juga mempelajari piano, biola, dan ukulele.

Kecintaannya pada musik ia uji dengan mengikuti berbagai macam perlombaan. Ia pernah mengikuti ajang pencarian bakat Akademi Fantasi Indonesia (AFI) Junior di tahun 2008, dan mengikuti ajang Idola Cilik pada tahun 2011. Di tahun 2014, Claudia mengikuti ajang pencarian bakat Mamamia di tahun 2014. Namun semuanya belum pernah berhasil memberikan gelar apapun untuk Claudia.

Perjalanan Claudia di The Voice of Germany 2019

Pada tahun 2018, Claudia yang merupakan lulusan SMAK Penabur Cirebon meneruskan studinya di Jerman. Di Jerman, ia kembali menguji kemampuannya dengan mengikuti The Voice of Germany tahun 2019.

Berikut adalah perjalanan Claudia Emmanuela Santoso dalam The Voice of Germany 2019 selepas tahap Blind Auditions:

  • Battle Rounds Claudia Emmanuela Santoso

    Mendapat pujian tinggi saat Blind Auditions, pada tahap selanjutnya (Battle Round), Alice Merton menandingkan Claudia dengan duo Emma & Felix Kohlhoff. Menyanyikan lagu berjudul Say Something dari A Great Big World dan Christina Aguilera. Lagi, Claudia tampil memukau dan mendapatkan applauses dari penonton.
    Ditandingkan dengan duo penyanyi. Claudia tidak gentar. Lengkingan suara bernada tingginya bahkan membuat Coach Alice tampak merinding dan meneteskan air mata. Duo Emma & Felix pun tampil memukau dalam Battle Round ini. Keduanya menyajikan paduan suara yang harmonis dan indah, berpadu dengan suara Claudia.
    Alice Merton memutuskan Claudia sebagai pemenang dari Battle Round tersebut.
    Yang saya suka dalam ajang-ajang seperti ini di luar negeri, semua kontestan selalu tampil supportif. Baik Emma, Felix, dan Claudia, langsung berpelukan bangga dan bahagia setelah selesai menyanyikan lagunya.
  • Sing Offs - Live Performance Claudia Emmanuela Santoso

    Lolos dari tahap Battle Rounds, di tahap selanjutnya (Sing Offs - Live Performance) menyanyikan lagu Run dari Snow Patrol. Kembali, Claudia tampil apik. Lengkingan suaranya sempurna mengisi seluruh ruangan. Standing Applause dari penonton kembali diraih oleh Claudia.
  • Semifinal - Live Performance Claudia Emmanuela Santoso

    Di tahap semifinal, Claudia kembali unjuk gigi dengan menyanyikan Listen dari Beyoncé. Mengagumkan, Claudia cukup sanggup menyayikan lagu yang cukup sulit untuk dinyanyikan ini. Semua mengenal Beyoncé kan? Karakter vokal penyanyi R&B ini cukup sulit untuk ditiru, berikut dengan lagu-lagu ciptaannya.
  • Final - Live Performance Claudia Emmanuela Santoso

    Sukses di semifinal, pada tahap final, Claudia lagi-lagi tampil mengejutkan dengan memilih menyanyikan lagu milik Whitney Houston yang fenomenal: I Have Nothing. Lagu ini sulit sekali untuk dinyanyikan sebenarnya. Khas lagu-lagu Whitney Houston. Tidak semua orang bisa dengan mudah menyanyikan lagu ini.
    Mungkin Claudia berpikir, Go Big or Go Home ya? Memilih menyanyikan I Have Nothing milik Whitney Houston di tahap final The Voice of Germany 2019 benar-benar menunjukkan pilihan yang sangat berani. Terbukti, ia sukses menyanyikan lagu tersebut, dan membuat semua yang ada di ruangan terpukau.

    Claudia Emanuela Santoso berhasil memenangkan The Voice of Germany tahun 2019 dengan menyanyikan lagu I Have Nothing milik Whitney Houston. Bangga sekali.

Terimakasih Claudia :) Terimakasih sudah membuat Indonesia bangga :)

Memenangkan The Voice of Germany kamu sudah membuat Indonesia bangga. Tapi memenangkan The Voice of Germany dengan menyanyikan lagu I have Nothing-nya Whitney Houston di Final, kamu benar-benar harus bangga pada dirimu sendiri.