Jangan Banyak Konsumsi Gula Kalau Ingin Wajah Awet Muda

by @bloggerid
2 minutes
Jangan Banyak Konsumsi Gula Kalau Ingin Wajah Awet Muda

Gula memang manis. Tapi efek sampingnya tidak semanis rasanya. Kadar gula yang tinggi dapat mempercepat proses penuaan di wajah.

Selain buruk untuk kesehatan organ-organ di dalam tubuh, gula terbukti dapat menimbulkan keriput di wajah dan membuat kulit wajah menjadi kendor.

Konsumsi gula dari makanan dan minuman manis yang berlebih dapat mengawali proset glikasi (glycation) pada tubuh. Proses ini merusak kolagen pada kulit, sebab protein tersebut seharusnya berfungsi menjaga kekencangan kulit sehingga memicu lebih banyak keriput.

Artinya, konsumsi gula dan manis yang kadarnya melebihi jumlah yang dapat diproses oleh tubuh dapat membuat glikose terikat dengan protein dan kolagen, sehingga menjadi rusak dan tidak memberi asupan ke tubuh dalam kadar yang seharusnya. Padahal protein dan kolagen ini penting sekali untuk tubuh kita.

  • Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat diperlukan tubuh kita untuk melakukan regenerasi sel dan pembentukan jaringan. Fungsi protein sangat vital dalam proses pemeliharaan jaringan tubuh kita, termasuk pengembangan dan perbaikan. Sehingga sangat penting untuk memperbaiki jaringan kulit sekaligus mengencangkan kulit yang menempel pada tubuh. Kekurangan protein akan menghentikan kemampuan tubuh dalam meregenerasi sel, termasuk sel kulit di wajah.
  • Kolagen membuat kulit berisi dan memberikan elastitas kulit. Kolagen dapat mencerahkan dan melembabkan kulit secara alami. Bila kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dengan kadar gula tinggi, kemampuan kolagen untuk melembabkan kulit akan menurun dan kulit akan lebih sulit untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi, sehingga menyebabkan keriput lebih cepat muncul.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang memiliki kadar gula tinggi mayoritas memiliki raut wajah yang lebih tua dari yang seharusnya. Jadi mari kita mulai kurangi konsumsi gula.

Selain bisa menjaga kesehatan ginjal dan pangkreas kita, wajah kita juga bisa jadi tampak lebih awet muda.

Lebih banyak konsumsi makanan yang sehat, terutama yang mengandung protein tinggi sangat membantu untuk membuat wajah kita lebih awet muda.